IMPLEMENTASI TEKNIK TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DALAM BELAJAR PADA SISWA TUNAGRAHITA

NUR AZIZAH, (2024) IMPLEMENTASI TEKNIK TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DALAM BELAJAR PADA SISWA TUNAGRAHITA. Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.

[img] Text
2008306113_1_cover.pdf

Download (825kB)
[img] Text
2008306113_2_bab1.pdf

Download (387kB)
[img] Text
2008306113_6_bab5.pdf

Download (76kB)
[img] Text
2008306113_7_dafpus.pdf

Download (78kB)

Abstract

Kemampuan menilai kesanggupan diri sendiri dalam menjalankan tugas disebut dengan self-efficacy. Kemampuan ini dapat dilakukan oleh semua individu. Setiap individu memiliki self-efficacy yang berbeda-beda, begitu pula dengan anak tunagrahita. Self-efficacy memberikan dampak yang positif terhadap anak tunagrahita karena dapat menjadikan dirinya mempunyai kemampuan untuk mencapai apa yang diinginkannya. Selain itu, self-efficacy juga menjadikan anak tunagrahita mampu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Dalam upaya meningkatkan self-efficacy anak tunagrahita, penggunaan teknik token ekonomi dapat dilakukan oleh guru,tidak hanya dalam setting sekolah tetapi dapat dilakukan oleh orangtua di rumah. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan gambaran self-efficacy siswa tunagrahita, (2) untuk mendeskripsikan implementasi teknik token ekonomi untuk meningkatkan self-efficacy dalam belajar pada siswa tunagrahita (3) untuk mendeskripsikan dampak implementasi teknik token ekonomi untuk meningkatkan self-efficacy dalam belajar pada siswa tunagrahita. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang berupa triangulasi meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Responden dalam penelitian ini yaitu wali kelas dan dua siswa kelas III SLB-C Beringin Bhakti. Hasil penelitian ini yaitu terdapat self-efficacy siswa kelas III yang tinggi dan rendah. Self-efficacy tinggi ditunjukkan oleh subjek penelitian MF. MF merupakan siswa dengan tunagrahita sedang. Kemudian self-efficacy rendah ditunjukkan oleh subjek penelitian MA. MA merupakan siswa dengan tunagrahita berat. Kemudian hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik token ekonomi dapat meningktkan self-efficacy dalam belajar pada siswa dengan memberikan sebuah penghargaan berupa token yang diberikan ketika perilaku yang diinginkan muncul serta dapat ditukarkan dengan hadiah. Terdapat dampak negatif dan dampak positif dari implementasi teknik token ekonomi. Dampak positif dari penggunaan teknik token ekonomi yaitu siswa menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, sedangkan dampak negatif dari penggunaan teknik token ekonomi yaitu siswa merasa ketergantungan karena akan melakukan sesuatu ketika diberi hadiah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:53
Last Modified: 01 Aug 2024 07:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13858

Actions (login required)

View Item View Item