ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISIWA DAN KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

AQIELATUL HILMY ZHAFIRA, (2024) ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISIWA DAN KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. UNSPECIFIED thesis, S1-Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008105007_1_cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2008105007_2_bab1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2008105007_6_bab5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2008105007_7_dafpus.pdf

Download (3MB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Namun, di era perkembangan teknologi dan mengandalkan internet, penggunaan media sosial menjadi pemicu rendahnya konsentrasi dan fokus siswa dalam pembelajaran. Di samping itu motivasi belajar juga merupakan salah satu faktor terbesar tingkat konsentrasi belajar Matematika siswa. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki beberapa tujuan, pertama mengetahui pengaruh penggunaan media sosial siswa terhadap konsentrasi belajar Matematika siswa, kedua mengetahui pengaruh penggunaan media sosial siswa dan motivasi belajar siswa secara bersamaan terhadap konsentrasi belajar Matematika siswa, ketiga mengetahui pengaruh penggunaan media sosial siswa terhadap konsentrasi belajar Matematika siswa melalui motivasi belajar siswa, keempat mengetahui jenis media sosial yang dominan dalam mempengaruhi konsentrasi belajar matematika siswa. Penelitian ini ditujukan kepada 41 siswa kelas VIII MTS Al Hidayah Guppi. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner. Metode analisis yang digunakan untuk menjawab hipotesis yaitu kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur dan analisis koefisien determinasi. Hasil pengujian hipotesis pertama terlihat bahwa penggunaan media sosial siswa berpengaruh secara signifikan terhadap konsentrasi belajar Matematika siswa. Hasil pengujian hipotesis kedua terlihat bahwa penggunaan media sosial siswa dan motivasi belajar siswa berpengaruh signifikan secara bersamaan terhadap konsentrasi belajar Matematika siswa. Hasil pengujian hipotesis ketiga terlihat bahwa motivasi belajar siswa dapat menjadi perantara untuk mengoptimalkan pengaruh penggunaan media sosial siswa terhadap konsentrasi belajar Matematika siswa. Hasil pengujian hipotesis keempat terlihat bahwa tiktok merupakan jenis media sosial yang paling mendominasi pengaruh penggunaan media sosial siswa terhadap konsentrasi belajar Matematika siswa. Kata kunci: Media Sosial, Motivasi, Konsentrasi, Matematika.

[error in script]
Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 06:02
Last Modified: 06 Aug 2024 06:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13987

Actions (login required)

View Item View Item