PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG KERTAS TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS II MI HIDAYATUS SHIBYAN

Nazma Aghnia, (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG KERTAS TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS II MI HIDAYATUS SHIBYAN. Bachelor thesis, S1- PGMI IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008107065_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008107065_2_bab1.pdf

Download (457kB)
[img] Text
2008107065_6_bab5.pdf

Download (200kB)
[img] Text
2008107065_7_dafpus.pdf

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman materi peserta didik pada pelajaran Bahasa Indonesia, saat pembelajaran berlangsung peserta didik kurang memperhatikan saat guru menyampaikan materi, lebih suka mengobrol dan aktif bergerak sendiri tidak fokus pada pembelajaran, sehingga saat guru memberikan pertanyaan peserta didik tidak mampu menjawabnya. Hal ini yang akhirnya menyebabkan peserta didik kurang memahami pelajaran yang sudah disampaikan karna tidak menyimak pembelajaran dengan baik dan sungguh�sungguh. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti menggunakan media pembelajaran wayang kertas untuk mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas II MI Hidayatus Shibyan. Media pembelajaran merupakan salah satu alternatif yang digunakan untuk mengembangkan pemahaman materi pada peserta didik, dengan memberikan pengalaman belajar secara langsung dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan media wayang kertas pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas II MI Hidayatus Shibyan (2) mengetahui pemahaman materi peserta didik pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas II MI Hidayatus Shibyan (3) mengetahui pengaruh media wayang kertas terhadap hasil belajar pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas II MI Hidayatus Shibyan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Grup Pretest Postest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi yaitu dengan lembar observasi, serta tes yang berbentuk pretest dan posttest. Sempel yang digunakan adalah sempel jenuh karena mengambil seluruh peserta didik kelas II di MI Hidayatus Shibyan yang berjumah 16. Data yang diolah diperoleh dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa penerapan media wayang kertas di kelas II MI Hidayatus Shibyan dengan menggunakan lembar observasi guru yaitu memperoleh skor 92% dengan kategori sangat baik dan lembar observasi aktivitas peserta didik yaitu 80% dengan kategori baik. Dan pemahaman materi peserta didik dilihat dari hasil pretest dan posttest yang mengacu pada tabel kriteria hasil belajar peserta didik mengalami kenaikan setelah penerapan menggunakan media wayang kertas. Terdapat pengaruh media wayang kertas terhadap hasil belajar pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan memperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Pada uji N-Gain memperoleh nilai 0,58 artinya peningkatan rata-rata indeks pretest dan posttest peserta didik di kelas II MI Hidayatus Shibyan termasuk dalam kategori sedang. Kata Kunci : Media Wayang Kertas, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal > Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:17
Last Modified: 08 Aug 2024 07:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14130

Actions (login required)

View Item View Item