Dwi Setiyani, (2024) Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTs Yatamu Pasawahan Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Text
1708104081_1_cover.pdf Download (4MB) |
|
Text
1708104081_2_bab1.pdf Download (667kB) |
|
Text
1708104081_6_bab5.pdf Download (652kB) |
|
Text
1708104081_7_dafpus.pdf Download (662kB) |
Abstract
MTs Yatamu Pasawahan merupakan sekolah tingkat SMP yang menerapkan metode pembelajaran yang berbeda-beda diterapkan oleh setiap guru, termasuk guru mata pelajaran IPS yang menerapkan pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) penerapan strategi pembelajaran meningkatan kemampuan berpikir pada mata Pelajaran ips. 2) aktifitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran meningkatan kemampuan berpikir pada mata Pelajaran ips. 3) faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir pada mata Pelajaran ips. Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir siswa membantu agar siswa bisa berpikir kreatif dan menumbuhkan keaktifan siswa di kelas saat kegiatan belajar mengajar, hal tersebut dipandang sebagai sesuatu yang efektif untuk diterapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Peneliti bertindak langsung untuk mengumpulkan data hasil observasi. Data yang berbentuk kata-kata didapatkan dari para informan, sedangkan data-data tambahan berupa dokumen. Analisa data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, kemudian melakukan reduksi data, penyajian data-data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran pada mata pelajaran IPS di Kelas VIII MTs Yatamu Pasawahan menggunakan metode ceramah, tetapi sesekali ada pembelajaran dimana siswa dituntut aktif yaitu dengan cara menampilkan video menggunakan proyektor dan siswa disuruh berdiskusi tentang materi yang sedang dipelajari, membuat pembelajaran dengan menggunakan berbagai alat atau bahan seperti kertas manila untuk membuat kreasi tentang materi yang sedang dipelajari dimana kegiatan tersebut akan membuat pembelajaran di kelas menjadi lebih menarik dan bisa membuat siswa lebih aktif dalam belajar. Dengan menggunakan metode pembelajaran yang menarik itulah akan membuat siswa termotivasi untuk berpikir dan bertanggung jawab menyelesaikan tugas yang diberikan, sesekali guru di kelas menyelipkan ice breaking supaya siswa semangat belajarnya. Dari situ juga akan membuat kemampuan berpikir siswa bertambah. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Kemampuan Berpikir Siswa, IPS.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 10 Aug 2024 15:07 |
Last Modified: | 10 Aug 2024 15:07 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14213 |
Actions (login required)
View Item |