MELLY LAELATUL UDZMAH, (2024) Pemberian Reward Stiker Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Di TK Islam Nurul Abror Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Text
1908108017_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
1908108017_2_bab1.pdf Download (269kB) |
|
Text
1908108017_6_bab5.pdf Download (95kB) |
|
Text
1908108017_7_dafpus.pdf Download (205kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh siswa kelas B TK Islam Nurul Abror yang masih rendah akan motivasi pada anak dalam melakukan pembelajaran di kelas. Hal ini terlihat dari anak yang masih mengalami kesulitan belajar karena kurang fokus saat pembelajaran itu telah disampaikan oleh guru. Penyebab tersebut antara lain belum maksimalnya guru dalam memberikan stimulasi dalam pembelajaran pada anak, sehingga anak-anak akan mudah merasakan bosan saat pembelajaran. Oleh karena itu, menciptakan media yang menarik itu sangatlah penting bagi pembelajaran anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui suatu proses kemampuan anak dalam meningkatkan Motivasi Belajar Anak saat pembelajaran di mulai, dengan menerapkan media pemberian reward stiker anak dapat termotivasi, jadi akan lebih mudah untuk mengetahui perkembangan anak ketika di terapkannya pemberian reward stiker. Jenis penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bekerja sama dengan guru kelas dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan MC Taggart. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 15 anak yang terdiri dari 6 laki-laki dan 9 perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah media reward stiker untuk meningkatkan motivasi belajar anak. metode yang di gunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, angket dan wawancara. Berdasarkan keseluruhan hasil dari penilaian berdasarkan jumlah anak dan indikator, telah terjadi peningkatan pada setiap siklusnya yaitu sebagai berikut, hasil pada pra siklus sebesar 45,90% dan hasil padasiklus 1 sebesar 73,80%. Dengan demikian adanya peningkatan sebesar 27,90%. Sedangkan hasil pada siklus 2 sebesar 84,90%. Dengan demikian juga adanya peningkatan dari siklus 1 dan siklus 2 sebesar 11,10%. Dapat disimpilkan bahwa media pemberian reward stiker daapt meningkatkan motivasi serta kedisiplinan pada anak kelompok B di TK Islam Nurul Abror Kata kunci : Motivasi Belajar, Reward Stiker, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 02:30 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 02:30 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14258 |
Actions (login required)
View Item |