Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al Qur’an Dengan Metode Albiro Di Kelas VI SD Negeri Andir II Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka.

SUHADI, (2019) Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al Qur’an Dengan Metode Albiro Di Kelas VI SD Negeri Andir II Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

SUHADI NIM : 14166310029 Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al Qur’an Dengan Metode Albiro Di Kelas VI SD Negeri Andir II Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka. SD Negeri Andir II Kecamatan Jatiwangi, yang mana sekolah ini memiliki visi dan misi “Mewujudkan Lingkungan yang Agamis”. dengan visi dan misi tersebut sekolah mengharapkan semua kegiatan di sekolah bernuansa Agamis, seperti : anak-anak bisa baca tulis Al-Qur’an dengan baik, hafalan surat-surat Al�Qur’an minimal juz tiga puluh dikuasai. Namun dalam kenyataanya siswa yang kurang mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar masih banyak. Hal ini dirasakan ada suatu permasalahan. Oleh karena itu mungkin perlu ada metode efektif baca tulis Al-Qur’an guna menyelesaikan permasalahan tersebut di atas. Salah satunya metode Albrio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menggunakan metode Albiro pada siswa kelas VI SD Negeri Andir II Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka dan untuk mengetahui apakah dengan metode Albiro dapat meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas VI SD Negeri Andir II Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Tujuan penelitian kualitatif adalah memahami fenomena tentang yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya prilaku, persefsi, motivasi, tindakan dan lain-lain. Secara holistik dengan cara mendeskripsikan dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. dalam hal ini peneliti terjun langsung ke lapangan dan melakukan penelitian tentang penerapan metode Albiro, mencatat secara detail hasil kegiatan pembelajaran, melakukan wawancara secara mendalam pada para siswa guna mendapatan hasil penelitian yang akurat dan tepat. Setelah melakukan kegiatan belajar mengajar baca tulis al-Qur’an menggunakan metode Abiro maka dihasilkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an yang cukup baik atau meningkat dibandingkan dengan sebelumnya, hal ini terlihat pada saat kegiatan evaluasi membaca al-Qur’an yang dilakukan secara intensif pada tiap-tiap anak mengalami peningkatan yang sangat signifikan karena siswa lebih dominan mampu menguasai ilmu tajwid di bandingkan dengan sebelum mereka belajar baca tulis al-Qur’an menggunakan metode albiro. Kegiatan BTQ ini mengalami peningkatan yang baik diperkuat juga dari komentar para siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran baca tulis al-Qur’an dengan metode Albiro. Meskipun tarapnya masih sekedar membaca al-Qur’an dan belum bisa membaca al-Qur’an sesuai dengan tajwid dengan baik dan benar secara utuh. Setidaknya sudah tumbuh niat dan motivasi untuk mempelajari al-Qur’an secara terus menerus padaa diri siswa tersebut.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan, Baca Tulis Al-Qur’an dan Metode Albiro
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Oct 2024 07:59
Last Modified: 23 Oct 2024 02:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14604

Actions (login required)

View Item View Item