Problem Based learning Sebagai Strategi Pengajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyyah Wathoniyyah Pengarengan

A. HIDAYAT, (2018) Problem Based learning Sebagai Strategi Pengajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyyah Wathoniyyah Pengarengan. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hidayat, Problem Based learning Sebagai Strategi Pengajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyyah Wathoniyyah Pengarengan Salah satu permasalahan di dunia pendidikan adalah ketidakseimbangan dan kesenjangan antara teori sebuah pelajaran dengan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Begitu juga dalam hal pengajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Selain dibutuhkan guru yang profesional, metode yang tepat juga tentu sangat dibutuhkan untuk mengatasi hal ini. Bagi guru Pendidikan Agama Islam, sangat perlu kiranya memberi metode yang membuat siswa memahami agama sebagai bagian dari kehidupan harian mereka dan bukan memahami agama sebagai pengetahuan di atas kertas belaka. Salah satu metode yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based learning. Melalui metode Problem Based Learning atau pembelajaran berbasis masalah, siswa akan menemukan pola belajar mereka sendiri dan terbiasa untuk mandiri. Mereka akan menemukan pengalaman belajar sebagai sesuatu yang menyenangkan dan memiliki konsep dalam proses penyelesaian masalah Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati, menilai, dan menjelaskan perubahan pemahaman siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam setelah menggunakan metode Problem Based Learning. Lebih spesifik, penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana pendekatan Problem Based Learning mempengaruhi proses pembelajaran siswa dan apakah direkomendasikan untuk pengajaran dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pada penelitian kali ini, metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dihimpun adalah data primer dan data sekunder.Lokasi penelitian adalah di MTs Wathoniyah Pengarengan Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, peneliti melihat bahwa metode Problem Based Learning memiliki dampak yang positif bagi kegiatan pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti melihat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran meningkat dengan metode PBL dengan output yang jelas, yaitu berdasarkan borang hasil penilaian yang berisi jalannya hasildiskusi, penampilan presentasi siswa, serta makalah mandiri dan makalah kelompok.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Problem Based Learning. Pembelajaran Berbasis Masalah, Kolaborasi, pembelajaran Aktif.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Oct 2024 04:35
Last Modified: 25 Oct 2024 04:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14665

Actions (login required)

View Item View Item