Dede Aris Ristiawan, (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI KELAS VII SMP NEGERI 2 PALIMANAN KABUPATEN CIREBON. Masters thesis, UIN Siber Syekh Nurjati.
![]() |
Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf Download (962kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
DAPUS.pdf Download (167kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palimanan Kabupaten Cirebon; (2) menjelaskan pengaruh media pembelajaran berbasis android terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palimanan Kabupaten Cirebon; dan (3) menjelaskan pengaruh model pembelajaran kontekstual dan media pembelajaran berbasis android terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palimanan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 36 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan metode random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner, penggunaan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengaruh Parsial Model Pembelajaran Kontekstual (X1) terhadap Hasil Belajar dalam Uji t menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Kontekstual (X1) memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI, dengan nilai thitung sebesar 4,421, yang lebih besar dari ttabel sebesar 2,034. Hal ini berarti hipotesis bahwa terdapat pengaruh variabel X1 terhadap Y diterima; (2) Pengaruh Parsial Media Pembelajaran Berbasis Android (X2) terhadap Hasil Belajar berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Android (X2) juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai thitung sebesar 3,119, yang lebih besar dari ttabel seb sebesar 2,034. Ini mendukung hipotesis bahwa variabel X2 secara parsial berpengaruh terhadap Y; (3) Pengaruh Simultan dan Koefisien Determinasi dengan Uji F memperlihatkan bahwa secara simultan, variabel Model Pembelajaran Kontekstual (X1) dan Media Pembelajaran Berbasis Android (X2) bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan Fhitung sebesar 32,397. lebih besar dari Ftabel sebesar 2,89. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 66,3% menunjukkan bahwa kedua variabel ini secara kolektif mampu menjelaskan 66,3% variasi hasil belajar, sementara 33,7% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontestual, Media Pembelajaran, Android, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kontestual : Media Pembelajaran ; Android ; Hasil Belajar ; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 03:34 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 03:35 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14818 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |