USWATUN HASANAH, (2024) Penggunaan Media Smart Apron dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah pada Anak Kelompok B di TK Pertiwi Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Anak Usia Dini.
![]() |
Text
1808108049_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
1808108049_2_bab1.pdf Download (432kB) |
![]() |
Text
1808108049_6_bab5.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
1808108049_7_dafpus.pdf Download (279kB) |
Abstract
Smart Apron adalah celemek pintar dimana media ini dibuat untuk mengembangkan apron yang biasa digunakan saat memasak dengan menjadikannya media pembelajaran. Penggunaan media ini dilatarbelakangi oleh media yang kurang inovatif dan menarik dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi membosankan dan monoton. Kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada kelompok B TK Pertiwi Kabupaten Cirebon yang masih rendah juga menjadi salah satu faktor penelitian ini dilakukan karena kemampuan mengenal huruf hijaiyah sangat penting ditingkatkan karena huruf hijaiyah merupakan huruf dasar Al-Qur’an. Kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah hanya berupa majalah dan iqro saja, ini hanya dilakukan seminggu sekali pada hari Jum’at. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah dengan cara yang asyik dan menyenangkan diharapkan pembelajaran menjadi berkualitas dan bermakna serta materi yang diberikan dapat tersampaikan dengan baik dan bermanfaat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 19 anak kelompok B TK Pertiwi pada semester II tahun 2021/2022. Dengan menggunakan rangkaian empat kegiatan diantaranya yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi dari rangkaian tersebut dapat digunakan teknik pengumpulan data yang dihasilkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian secara keseluruhan penilaian dari jumlah anak dan indikator yang dilakukan terjadi peningkatan pada setiap siklusnya yaitu : Hasil Pra Siklus mencapai nilai sebesar 41%, pada Siklus 1 mencapai nilai 64% adanya peningkatan sebesar 23% dari siklus sebelumnya. Dan pada Siklus 2 dilakukan refleksi untuk memperbaiki tahapan-tahapannya dengan mencapai nilai 87% sehingga mengalami peningkatan sebesar 46%. Prosentase pada setiap siklus mengalami kenaikan yang signifikan dan anak dapat mencapai nilai keberhasilan yaitu BSB (Berkembang Sangat Baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Smart Apron dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada kelompok B2 di TK Pertiwi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 03:15 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 03:15 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15257 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |