Agus Faisal, (2025) Pengaruh Ekonomi Kreatif Dan Patiwisata Pada Objek Wisata Kebun Raya Kuningan Terhadap Pendapatan Masyarakat (Studi Di Desa Padabeunghar Kabupaten Kuningan). Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108204046_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108204046_2_bab1.pdf Download (445kB) |
![]() |
Text
2108204046_6_bab5.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
2108204046_7_dafpus.pdf Download (384kB) |
Abstract
mbangkan dalam perekonomian Indonesia. Sektor ini mencakup berbagai elemen, termasuk kreativitas dan sumber daya manusia. Salah satu wisata di Jawa Barat Kabupaten Kuningan adalah Kebun Raya Kuningan. Kebun Raya Kuningan merupakan salah satu objek wisata alam dan konservasi tumbuhan yang terletak di Desa Padabeunghar, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Kebun Raya ini memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian masyarakat, sehingga mampu membuka peluang usaha, meningkatkan kesempatan kerja, dan mempermudah akses bagi para petani lokal, keberadaan Kebun Raya Kuningan juga mendorong berkembangnya lembaga-lembaga ekonomi kreatif seperti koperasi, industri kerajinan, dan usaha peternakan yang mendukung aktivitas ekonomi masyarakat desa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh ekonomi kreatif dan pariwisata pada objek wisata kebun raya kuningan terhadap pendapatan masyarakat Desa Padabeunghar Kabupaten Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, data yang diperoleh dari angka kuesioner atau data kualitatif yang diangkakan. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Desa Padabeunghar yang berjualan di area wisata kebun raya kuningan dan tidak berjualan di area wisata kebun raya kuningan. Pengumpulan data dilakukan melalui penyeberan kuesioner pada responden dengan 50 responden. Analisis data dilakukan menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi yang diolah dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis variabel ekonomi kreatif (X1) berpengaruh dan signifikan terhadap pendapatan masyarakat (Y) dengan nilai p-value (Sig) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel yaitu 7.455 > 2,01063 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Variabel pariwisata (X2) berpengaruh dan signifikan terhadap pendapatan masyarakat (Y) dengan nilai p-value (Sig) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel yaitu 4.501 > 2,01063 maka Ha diterima dan Ho ditolak. variabel ekonomi kreatif dan pariwisata terhadap pendapatan masyarakat memiliki nilai p-value (Sig) < 0,05 dan nilai Fhitung >Ftabel yaitu 42.719 > 3,191 artinya Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:41 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:41 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15712 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |