IMPLEMENTASI METODE KAUNY QUANTUM MEMORY TERHADAP PENCAPAIAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI (TK KEMALA BHAYANGKARI 30 INDRAMAYU)

Natasya Khairunnisa, (2025) IMPLEMENTASI METODE KAUNY QUANTUM MEMORY TERHADAP PENCAPAIAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI (TK KEMALA BHAYANGKARI 30 INDRAMAYU). Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.

[img] Text
2108306141_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108306141_2_bab1.pdf

Download (582kB)
[img] Text
2108306141_6_bab5.pdf

Download (597kB)
[img] Text
2108306141_7_dafpus.pdf

Download (473kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi metode Kauny Quantum Memory dalam pencapaian perkembangan moral anak usia dini di TK Kemala Bhayangkari 30 Indramayu. Masa usia dini (0- 6 tahun) merupakan periode emas bagi perkembangan anak, termasuk aspek moral seperti nilai agama, kejujuran, kasih sayang, dan sopan santun. Pendidikan moral pada usia ini sangat penting sebagai landasan pembentukan karakter anak. termasuk aspek moral yang meliputi kejujuran, kasih sayang, dan kontrol diri. Berdasarkan observasi awal, ditemukan permasalahan seperti kurangnya sopan santun, penggunaan bahasa kasar, dan ketidakharmonisan interaksi sosial pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Kauny Quantum Memory dalam meningkatkan perkembangan moral anak usia dini di TK Kemala Bhayangkari 30 Indramayu. Metode Kauny Quantum Memory diterapkan sebagai solusi dengan menggabungkan hafalan surat pendek Al-Qur‟an, gerakan motorik, dan pemahaman nilai moral. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memahami bagaimana metode Kauny Quantum Memory diterapkan dalam pembelajaran sehari-hari. Metode ini menggabungkan hafalan surat pendek Al-Qur'an dengan gerakan motorik, yang bertujuan untuk memudahkan anak dalam mengingat dan memahami nilai-nilai moral yang terkandung dalam ayat-ayat tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Kauny Quantum Memory memberikan dampak positif terhadap perkembangan moral anak usia dini. Anak-anak menjadi lebih mudah menghafal surat-surat pendek Al�Qur'an, serta menunjukkan peningkatan dalam perilaku moral seperti sopan santun, kerjasama, dan rasa hormat terhadap orang lain. Metode ini juga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif, sehingga anak�anak lebih termotivasi untuk belajar dan mengembangkan diri secara positif. Dan Intervensi ini efektif karena memadukan stimulasi otak kanan, kegiatan interaktif, serta dukungan kolaboratif antara guru dan orang tua. Simpulan penelitian menegaskan bahwa metode ini tidak hanya meningkatkan hafalan Al-Qur‟an, tetapi juga menanamkan nilai moral yang terinternalisasi dalam perilaku sehari�hari, sehingga berkontribusi pada pembentukan karakter anak yang berakhlak mulia dan siap menghadapi tahap pendidikan selanjutnya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 31 Jul 2025 04:41
Last Modified: 31 Jul 2025 04:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16291

Actions (login required)

View Item View Item