ANALISIS DAMPAK MOTIVASI BELAJAR DAN PENGHARGAAN TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK KORBANBULLYING DI PUSATKEGIATANBELAJAR MASYARAKAT (PKBM) DESA PAGANDON KABUPATEN MAJALENGKA

Nur Syafa’ah Munawaroh, (2025) ANALISIS DAMPAK MOTIVASI BELAJAR DAN PENGHARGAAN TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK KORBANBULLYING DI PUSATKEGIATANBELAJAR MASYARAKAT (PKBM) DESA PAGANDON KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.

[img] Text
2108306181_1_cover.pdf

Download (569kB)
[img] Text
2108306181_2_bab1.pdf

Download (354kB)
[img] Text
2108306181_6_bab5.pdf

Download (212kB)
[img] Text
2108306181_7_dafpus.pdf

Download (236kB)

Abstract

Kepercayaan diri merupakan suatu hal yang penting untuk menunjang kehidupan bersosial setiap orang. Penyebab seseorang kurangnya kepercayaan diri memiliki banyak faktor salah satunya yaitu faktor dari perilaku bullying yang dapat menghambat seseorang untuk menjalani kehidupan sosialnya dikarenakan dampak dari perilaku bullying yang dialami seseorang membuat merasa rendah diri. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui bagaimana gambaran kepercayaan diri anak korban dari perilaku bullying 2) untuk mengetahui motivasi belajar anak yang pernah mengalami perilaku bullying 3) untuk mengetahui bentuk penghargaan seperti apa yang diberikan pada anak 4) untuk menganalisis dampak motivasi belajar dan penghargaan terhadap kepercayaan diri anak korban bullying di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Desa Pagandon Kabupaten Majalengka. Metode Penelitian pada skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara terstruktur dan dokumentasi agar penelitian lebih akurat. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data dan penyajian. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kepercayaan diri anak setelah mengalami perilaku bullying cenderung rendah dikarenakan takut merasa tidak dihargai (2) motivasi belajar anak bagus karena support lingkungan sekitar jadi anak merasa harus maju agar tidak disepelekan (3) penghargaan seperti pujian dan camilan membuat anak merasa dihargai (4) dampak motivasi belajar dan penghargaan dapat mempengaruhi kepercayaan diri anak korban bullying, anak merasa dihargai atas usaha yang telah dilakukan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 31 Jul 2025 07:47
Last Modified: 31 Jul 2025 07:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16356

Actions (login required)

View Item View Item