ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @Pecahkopi.cirebon

ANDRA RAMADHAN, (2025) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @Pecahkopi.cirebon. Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.

[img] Text
2108302187_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108302187_2_bab1.pdf

Download (179kB)
[img] Text
2108302187_6_bab5.pdf

Download (135kB)
[img] Text
2108302187_7_dafpus.pdf

Download (34kB)

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, media sosial telah menjadi elemen yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat, khususnya di kalangan generasi muda yang aktif memanfaatkan berbagai platform untuk berkomunikasi, mendapatkan informasi, serta sebagai sarana hiburan. Salah satu platform media sosial yang sangat populer adalah Instagram. Instagram memiliki potensi besar dalam membangun brand awareness, terutama bagi bisnis yang ingin memperkenalkan produk mereka kepada audiens yang lebih luas. Akun Instagram @pecahkopi.cirebon menghadapi tantangan dalam memaksimalkan pemanfaatan media ini untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Kurangnya upaya yang optimal dalam membangun citra dan daya tarik menyebabkan produk dan layanan Pecah Kopi Cirebon belum sepenuhnya dikenal di kalangan audiens potensial. Tanpa adanya strategi komunikasi persuasif yang efektif, akun ini berisiko kalah bersaing di pasar media sosial yang semakin kompetitif. Komunikasi persuasif merupakan proses penyampaian informasi yang bertujuan untuk mempengaruhi sikap dan perilaku audiens. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif yang digunakan oleh Pecah Kopi Cirebon dalam mempromosikan produk mereka di Instagram, serta untuk menggali proses produksi konten yang mereka lakukan dalam rangka promosi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pecah Kopi Cirebon telah menerapkan strategi komunikasi persuasif yang baik dalam promosi produk mereka. Mereka merancang pembuatan konten dan memiliki strategi komunikasi persuasif dalam promosi di media social Instagram.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Aug 2025 07:06
Last Modified: 05 Aug 2025 07:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16582

Actions (login required)

View Item View Item