Siti Nuraeni, (2025) Nilai Kemandirian dalam Novel Sesuk karya Tere Liye dan Pemanfaatannya sebagai Modul Ajar di Kelas XII SMA. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108110013_1_cover.pdf Download (464kB) |
![]() |
Text
2108110013_2_bab1.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
2108110013_6_bab5.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
2108110013_7_dafpus.pdf Download (288kB) |
Abstract
Remaja kerap menunjukkan sikap tidak mandiri, seperti bergantung pada orang tua dalam mengambil keputusan, kurang percaya diri, malas belajar, bahkan terbiasa menyontek. Remaja perlu belajar mengelola berbagai hal secara mandiri serta berusaha mengurangi ketergantungan pada orang tua. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut dapat melalui analisis nilai kemandirian dalam novel agar remaja memahami pentingnya kemandirian dalam hidup. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai kemandirian dalam novel Sesuk karya Tere Liye dan pemanfaatannya sebagai modul ajar di kelas XII SMA. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Pendekatannya menggunakan psikologi sastra dan teori nilai kemandirian menurut Steinberg. Sumber data penelitian berupa novel Sesuk karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan instrumennya menggunakan kartu data. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi yakni triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian terkait nilai kemandirian dalam novel Sesuk karya Tere Liye berjumlah 66 data. Nilai kemandirian tersebut terdiri dari tiga aspek yaitu kemandirian emosional berjumlah 24 data, kemandirian perilaku berjumlah 36 data, dan kemandirian nilai berjumlah 6 data. Nilai kemandirian tersebut dapat dimanfaatkan sebagai modul ajar di kelas XII SMA dengan Capaian Pembelajaran (CP) “membaca dan memirsa” dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) “peserta didik merefleksi asumsi, ideologi, atau nilai yang terkandung dari teks novel untuk memahami cara pandang penulis” serta mendapatkan hasil validitas 87,5% dengan kategori sangat baik oleh validator ahli.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul ajar, Nilai kemandirian, Novel. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 04:12 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 04:12 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16619 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |