Lujeng Vihanura, (2025) Implementasi Media Buku Audio Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelas XI Terbitan Kemendikbud Pada Pembelajaran Sub Materi Puisi di MAN 4 Cirebon,. Bachelor thesis, S1 - Tadris Bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108110015_1_cover.pdf Download (862kB) |
![]() |
Text
2108110015_2_bab1.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
2108110015_6_bab5.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
2108110015_7_dafpus.pdf Download (178kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan penggunaan media buku audio dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada sub materi puisi di kelas XI MAN 4 Cirebon. (2) mendeskripsikan respons siswa terhadap kegiatan implementasi media buku audio pada pembelajaran sub materi puisi. (3) mendeskripsikan tantangan dan hambatan yang muncul dalam pengimplementasian media buku audio Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia. (4) mendeskripsikan dan menjelaskan strategi guru dalam mengoptimalkan media buku audio Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia agar lebih efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang memungkinkan peneliti untuk memperoleh gambaran yang mendalam mengenai proses pelaksanaan penggunaan media buku audiopada pembelajaran sub materi puisi di kelas XI. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan tes. Observasi dilakukan untuk mendapatkan data terkait kepraktisan media ini dalam menginovasi pembelajaran bagi guru dan siswa. Penyebaran angket pada siswa dilakukan untuk mendapatkan data respons siswa setelah penggunaan media buku audio. Pelaksanaan tes bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa dan keterampilan siswa dalam menyimak. setelah penggunaan media buku audio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media buku audio dapat menjadi alternatif untuk menjadi stimulus bagi pemahaman dan keterampilan menyimak siswa, serta mampu menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menarik. (2) implementasi media buku audio dalam pembelajaran diterima dengan baik oleh sebagian besar siswa. Meskipun demikian, terdapat (3) tantangan yang harus dihadapi, seperti konsentrasi siswa ketika mendengarkan buku audio dalam waktu yang cukup lama dan adanya gangguan dari lingkungan sekitar yang dapat menghambat proses pembelajaran. Namun, tantangan-tantangan tersebut dapat diatasi melalui (4) penerapan strategi yang tepat oleh guru, misalnya membagi sesi mendengarkan menjadi beberapa bagian yang lebih singkat, memberikan pengarahan sebelum dan sesudah mendengarkan, serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif agar siswa dapat lebih fokus dan terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Secara keseluruhan, berdasarkan temuan penelitian, media buku audio dapat menjadi salah satu alternatif yang direkomendasikan dalam mendukung pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya pada materi puisi, serta dapat memberikan kontribusi dalam mengembangkan keterampilan siswa dalam menyimak.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ketrampilan Menyimak, Media Buku Audio, Puisi. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:43 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 03:43 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16734 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |