Rhio Maseso Jenar, (2025) PERAN KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) ISLAM TERPADU AL BURHANY CIREBON. Masters thesis, MPI UIN Siber Syekh Nurjati.
![]() |
Text
Rhiocover.pdf Download (808kB) |
![]() |
Text
Rhio_bab1.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
Rhio_bab5.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
Rhio_dafpus.pdf Download (213kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kinerja guru dalam meningkatkan standar isi dan standar proses sebagai bagian integral dari mutu pendidikan di SMP IT Al-Burhany Cirebon. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya peran guru sebagai ujung tombak dalam implementasi kurikulum dan pencapaian tujuan pendidikan nasional, khususnya terkait pemenuhan Standar Nasional Pendidikan. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, dan perwakilan siswa serta orang tua di SMP IT Al-Burhany Cirebon.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru di SMP IT Al-Burhany Cirebon secara umum telah menunjukkan komitmen dalam upaya peningkatan standar isi dan standar proses. Dalam konteks standar isi, guru-guru berupaya memastikan keselarasan materi pembelajaran dengan kurikulum yang berlaku, penyesuaian bahan ajar dengan karakteristik siswa, serta penyampaian materi yang komprehensif. Adapun dalam konteks standar proses, kinerja guru tercermin dari perencanaan pembelajaran yang matang, pelaksanaan pembelajaran yang inovatif dan partisipatif, serta penggunaan metode penilaian yang bervariasi dan otentik. Guru juga aktif dalam mengembangkan profesionalisme melalui berbagai pelatihan dan workshop. Namun, terdapat beberapa tantangan yang dihadapi, seperti keterbatasan sarana prasarana dan perlunya peningkatan kolaborasi antar guru dalam pengembangan kurikulum. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru memiliki kontribusi signifikan terhadap peningkatan standar isi melalui pemenuhan dan pengembangan materi, serta terhadap peningkatan standar proses melalui praktik embelajaran yang efektif dan efisien. Rekomendasi yang diajukan antara lain adalah peningkatan dukungan fasilitas sekolah, pengembangan program pelatihan guru yang berkelanjutan, serta penguatan komunitas belajar profesional di lingkungan sekolah untuk mengoptimalkan kinerja guru de
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Analisa Bahan Ajar |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 06:41 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 02:04 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17157 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |