Yuni Kurmaela, (2021) Penerapan Kegiatan Humas Di RCTV Dalam Menjaga Brand Positioning Dalam pandangan Stakeholder”. Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
COVER DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (200kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Yuni Kurmaela (1708302083). 2021. “Penerapan Kegiatan Humas Di RCTV Dalam Menjaga Brand Positioning Dalam pandangan Stakeholder”. Cirebon: Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Penelitian ini dilatar belakangi oleh RCTV yang tidak memiliki divisi khusus humas, namun di RCTV tetap menerapkan kegiatan humas internal dan eksternal. Karena dalam pelaksanaannya berjalan dengan baik sehingga mendapatkan tanggapan yang positif dari stakeholder. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan kegiatan Humas di RCTV dalam menjaga Brand Positioning dalam pandangan stakholder dan untuk mengetahui bagaimana tanggapan stakeholder terhadap penerapan kegiatan humas di RCTV dalam menjaga brand positioning dalam pandangan stakeholder. Adapun metode penelitian yang penulis gunakan yakni metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data pertama yaitu data primer, diperoleh dari wawancara mendalam dengan Pimpinan Redaksi, Manager Marketing, dan Reporter serta Stakeholder. Kedua data sekunder diperoleh dari pustaka, literatur, penelitian terdahulu, buku-buku, dan laporan-laporan yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan model Stake yakni pengumpulan data, interpretasi langsung, membentuk pola dan mencari kesepadanan, mengembangkan generalisasi naturalistik melalui analisis data. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Penerapan kegiatan humas di RCTV dalam menjaga brand positioning dalam pandangan stakeholder yakni kegiatan internal dan eksternal. Kegiatan internal seperti melakukan rapat antar divisi dan rapat perdivisi. Sedangkan kegiatan eksternal seperti menjalin komunikasi dengan baik dan melakukan kunjungan kerumah narasumber atau klayen, memberikan garansi dan bonus kepada stakeholder , bekerjasama dengan pemerintah dan DPRD, merekomendasikan UMKM kepada stakeholder yang lain, melakukan liputan diluar studio yang bertujuan untuk menambah relasi RCTV. 2) Tanggapan stakeholder terhadap penerapan kegiatan humas dalam menjaga brand positioning dibenak stakeholder yakni memiliki tanggapan yang baik. Karena stakeholder merasa senang karena RCTV selalu sigap dan bersikap sopan dalam menghadapi komplain dari klayen, memberikan bonus garansi kepada klayen yang merasa belum puas terhadap kinerja RCTV, memberikan masukan kepada stakeholder untuk perkembangan usahanya, dan penyebaran informasi cepat selain ditampilkan di TV juga ditampilkan di Youtube sehingga banyak orang yang melihatnya. Kata kunci: Kegiatan Humas, Brand Positioning, dan Stakeholder.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 06:43 |
Last Modified: | 30 Aug 2021 07:44 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5088 |
Actions (login required)
View Item |