Pengembangan Lembar Kerja Anak (LKA) berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Logis Anak Usia Dini di RA Salafiyah Kota Cirebon

Iim Nurhalimah, (2022) Pengembangan Lembar Kerja Anak (LKA) berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Logis Anak Usia Dini di RA Salafiyah Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 PIAUD IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (469kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian dan pengembangan ini adalah karena minimnya keterbatasan media pembelajaran yang ada di sekolah. Peserta didik cenderung lebih pasif dan kesulitan dalam memahmi materi pembelajaran. Diketahui tingkat kemampuan berpikir logis anak kelompok B2 perlu ditingkatkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk, yaitu berupa media yang berkualitas dan layak digunakan untuk pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis pada anak usia dini. Media yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa “Media Lembar Kerja Anak (LKA) Berbasis Tematik” untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis pada anak usia dini, mencakup 5 tema, yaitu tema diri sendiri, lingkunganku, binatang, pekerjaan, dan rekreasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RnD), yaitu pengembangan produk baru, berupa media Lembar Kerja Anak (LKA) berbasis tematik yang diuji cobakan secara terbatas di Kelompok B2 RA Salafiyah Kota Cirebon dengan jumlah anak sebanyak 14 orang. Prosedur penelitian dan pengembangan media yang dilakukan hanya dengan enam tahapan diantaranya (1) pengumpulan informasi awal (2) desain produk (3) validasi produk (4) perbaikan produk (5) uji coba produk (6) hasil produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Lembar Kerja Anak (LKA) berbasis tematik memperoleh penilaian dari para ahli diantaranya ahli materi memperoleh kriteria “layak” dengan presentase sebesar 78,125%. Penilaian oleh ahli media mendapatkan kriteria “layak” dengan memperoleh presentase sebesar 90,625% dengan penilaian sebelumnya 75%. Sedangkan hasil penilaian media yang dilakukan oleh pengguna memperoleh kriteria “layak” dengan presentase pengguna pertama sebesar 87,5% dan pengguna kedua sebesar 84,375%. Hasil yang diperoleh dari presentase tersebut masuk dalam kategori layak atau sangat baik. Sedangkan untuk hasil pengamatan uji coba terbatas Lembar Kerja Anak (LKA) yang dilakukan di kelompok B2 respon terlihat anak sangat antusias dan aktif mengikuti proses pembelajaran, selain itu hasil dari tingkat keberhasilan media LKA dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis anak masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Anak, Kemampuan Berpikir Logis, Aanak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:12
Last Modified: 12 Jan 2023 01:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7599

Actions (login required)

View Item View Item