PENGARUH MENONTON DAKWAH DESAIN GRAFIS DIAKUN TIKTOK @REVIIDIYAH TERHADAP TINGKAT RELIGIUSITAS FOLLOWERS TAHUN 2022

Alifiyah Nurjihan, (2022) PENGARUH MENONTON DAKWAH DESAIN GRAFIS DIAKUN TIKTOK @REVIIDIYAH TERHADAP TINGKAT RELIGIUSITAS FOLLOWERS TAHUN 2022. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya pengguna akun TikTok dari segala usia yang melihat serta menggunakan TikTok sebagai media pembelajaran serta media hiburan, tetapi masih banyak pula yang menyalahgunakan aplikasi TikTok dengan membagikan video-video tidak layak untuk menjadi tontonan. Dengan lebih sering mengakses akun-akun dakwah diaplikasi TikTok diharapkan mampu membuat khalayak menjadikan pribadi yang baik dan memiliki religiusitas yang tinggi. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pola penggunaan followers dalam mengakses akun TikTok @reviidiyah?; (2) Seberapa besar tingkat pengetahuan followers setelah mengikuti akun TikTok @reviidiyah?; (3) adakah pengaruh menonton dakwah desain grafis di akun TikTok @reviidiyah terhadap tingkat religiusitas followers?; (4) Seberapa besar pengaruh menonton dakwah desain grafis di akun TikTok @reviidiyah terhadap tingkat religusitas followers? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pola penggunaan followers dalam mengakses akun TikTok @reviidiyah; (2) Untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengetahuan followers setelah mengikuti akun TikTok @reviidiyah; (3) untuk mengetahui adanya pengaruh menonton dakwah desain grafis di akun TikTok @reviidiyah terhadap tingkat religiusitas followers; (4) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh menonton dakwah desain grafis di akun tiktok @reviidiyah terhadap tingkat religiusitas followers. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Jenis penelitian ini merupakan kausal komparatif. Pendekatan penelitian ini adalah survei. Jenis data yang digunakan yaitu data primer yang diambil dari kuesioner dan data sekunder yang diambil dari dokumentasi dan buku-buku. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 98 responden dari 130 populasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji koefisien determinasi (R Square), dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Pola penggunaan followers dalam mengakses akun TikTok @reviidiyah sangat menarik perhatian, dengan nilai skor sebesar 83,7%; (2) setelah mengikuti dan menonton akun TikTok @reviidiyah pengetahuan keagamaan followers meningkat dengan sangat baik, dilihat dari hasil rata-rata presentase sebesar 84,7%; (3) Hasil uji t diperoleh nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05, sehingga adanya pengaruh variabel x terhadap variabel y; (4) Dakwah desain grafis pada akun TikTok @reviidiyah memiliki pengaruh terhadap tingkat religiusitas followers sebesar 0,233 (23,3%).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Akun TikTok @reviidiyah, Pengaruh TikTok, Tingkat Religiusitas, Followers, Penelitian Kuantitatif
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
T Technology > Information Technology
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Dec 2022 06:37
Last Modified: 05 Dec 2022 06:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8409

Actions (login required)

View Item View Item