Roihatul Jannah, (2022) PERILAKU KONSUMTIF REMAJA PUTRI DALAM BELANJA ONLINE DI FACEBOOK (STUDI KASUS PADA REMAJA PUTRI DI DESA PRANGGONG KECAMATAN ARAHAN KABUPATEN INDRAMAYU). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.
|
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (326kB) | Preview |
Abstract
Perilaku konsumtif merupakan suatu tindakan seseorang dalam mengkonsumsi ataupun membeli suatu barang secara kelewatan serta tidak didasarkan pada aspek kebutuhan hanya karna memuaskan keinginannya. Kaum wanita tak terkecuali remaja putri kerap dijadikan sebagai sasaran dalam berbagai macam produk industri karna karakteristik mereka yang lebih gampang dipengaruhi. Dari latar belakang masalah tersebut maka muncullah pertanyaan penelitian, seperti: a) Bagaimana perilaku remaja putri di desa Pranggong dalam menggunakan media sosial facebook? b) Bagaimana motif remaja putri di desa Pranggong dalam melakukan belanja online di facebook? dan c) Bagaimana perilaku konsumtif remaja putri di desa Pranggong dalam belanja online di facebook? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku remaja putri di desa Pranggong dalam menggunakan media sosial facebook, motif remaja putri dalam melakukan belanja online serta perilaku konsumtif remaja putri dalam belanja online di facebook. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di desa Pranggong Kec. Arahan Kab. Indramayu, sumber datanya di dapat dari data primer dan sekunder, teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Penentuan informannya menggunakan teknik purposive sampling dan teknik analisis dataya menggunakan teori Miles and Hubermen. Hasil penelitian ini yakni: perilaku remaja putri di desa Pranggong dalam menggunakan media sosial facebook, diantaranya: sebagai alat komunikasi, sumber informasi, interaksi sosial, sarana belanja online dan hiburan. Motif remaja putri dalam belanja online di facebook: Mudah dan praktis, keeksistensian di media sosial, Banyak produk baru yang bisa diakses di media sosial, Memakai produk baru akan menimbulkan rasa percaya diri. Perilaku konsumtif remaja putri dalam belanja online di facebook: membeli produk meskipun kurang/tidak dibutuhkan, berbelanja melebihi uang saku, membeli produk karna kemasan dan produk menarik, harga lebih terjangkau, pengaruh teman.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akses Media Sosial, Remaja, Belanja Online, Perilaku Konsumtif |
Subjects: | T Technology > Information Technology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 07:59 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 07:59 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8424 |
Actions (login required)
View Item |