PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

Mirna Wati, (2022) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil tes The Programme for International Student Assesment (PISA) pada tahun 2018 menunjukkan bahwa skor Indonesia relatif turun di semua bidang. Hal ini menunjukkan bahwa pada setiap kompetensi dari literasi sains harus terus dilatih dengan baik di setiap jenjang pendidikan. Dengan demikian, proses pembelajaran harus disisipi indikator kompetensi literasi sains. Pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa secara optimal harus dilakukan melalui langkah terstruktur dan terukur. Berdasarkan hal tersebut penulis membuat sebuah inovasi pembelajaran yang dilakukan secara langsung dengan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan literasi sains siswa dengan mengkolaborasikan pendekatan saintifik dan metode resitasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Pretest dan posttest ini digunakan untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi sains antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat adanya peningkatan kemampuan literasi sains siswa baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol dengan nilai n-gain kelas eksperimen sebesar 79 termasuk ke dalam kategori tinggi dan nilai n-gain kelas kontrol sebesar 67 termasuk ke dalam kategori sedang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan literasi sains siswa pada kelas kontrol.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan saintifik, Metode resitasi, Literasi sains
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:42
Last Modified: 07 Dec 2022 04:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8516

Actions (login required)

View Item View Item